Sabtu, 02 Maret 2013

Analisis Lingkungan Pemasaran


Manajemen Pemasaran Pertemuan Ke-3
Senin, 25 februari 2013

Lingkungan pemasaran itu merupakan aktor di luar yang mempengaruhi kemampuan pemasaran menjaga transaksi agar sukses dengan pelanggan.

Ada 2 macam lingkungan pemasaran, yaitu :
a.       Microenviroment : kekuatan yang paling dekat dengan kita untuk melayani pelanggan.
b.      Macroenviroment : masyarakatnya lebih luas tetapi juga akan mempengaruhi jumlah penduduk, ekonomi, kondisi alam, teknologi, politik (kebijakan), kekuatan budaya.

Adapun pelaku-pelaku dalam microenviroment, yaitu :
1.       Perusahaan itu sendiri,
2.       Menyuplai,
3.       Francise
4.       Konsumen
5.       Pesaing,
6.       Masyarakat

Pelaku macroenviroment  merupakan masyarakat lebih luas tetapi akan mempengaruhi ketika kita ingin mendirikan sesuatu usaha, adapun pelaku yang terdapat di dalamnya.
Pertama jumlah penduduk: berisi data kependudukan, meliputi suku, pekerjaan, usia, jenis kelamin, lokasi, tinggi badan, dan berat badan.  Kedua  ekonomi: dengan pendapatan masyarakat di sekitar tempat usaha, masyarakat sedikit tetapi ekonominya juga dapat mempengaruhi. Ketiga  kondisi alam: jauh dari banjir, tanah longsor, dll. Keempat teknologi: dalam suatu sekolah misalnya terdapat LCD dan alat-atat yang lebih dapat mempermudah ataupun canggih. Kelima politik: kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dan yang terakhir yaitu kekuatan budaya: tersinkirnya nilai budaya, cara hidup, keyakinan dan nilai-nilai social.

Pekerjaan Manajemen Pemasaran adalah dalam seorang marketing tidak boleh pasif harus bisa menyerang dan membangun hubungan dengan menciptakan apa yang dibutuhkan pelanggan, dalam kepuasan atau kebanggaan tersendiri dan mengetahui customer value dan satisfaction sehingga dapat digunakan secara terus-menerus dalam melakukan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar